Pemprov DKI Akan Sulap Trotoar Jalan MH Thamrin, Begini Konsepnya

Nantinya trotoar ini bisa digunakan untuk pertunjukan budaya

Jakarta, IDN Times - Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan mensosialisasikan penataan kawasan Jalan Sudirman-Thamrin. Penataan itu dilakukan agar jalan yang terletak di Pusat Jakarta itu menjadi lebih baik dan nyaman bagi pengendara serta pejalan kaki.

1. Trotoar Sudirman-Thamrin bisa jadi ikon Jakarta

Pemprov DKI Akan Sulap Trotoar Jalan MH Thamrin, Begini KonsepnyaIDN Times/Akhmad Mustaqim

Anies mengatakan Jalan Sudirman-Tahmrin, termasuk trotoar, dirancang agar bisa menjadi salah satu wajah DKI Jakarta. "Tadi kita baru saja menyelenggarakan sosialisasi penataan kawasan Jalan Sudirman dan Thamrin," kata Anies di Balai Kota Jakarta, Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (6/3).

Penataan, Anies melanjutkan, meliputi pedestrian hingga jalan utama. Setiap jenis kendaraan seperti Transjakarta nantinya kaan diberikan satu jalur, yakni di jalur paling kanan. Kemudian tiga jalur berikutnya untuk kendaraan roda empat. Satu jalur paling kiri untuk motor dan kendaraan umum.

Baca juga: Batal Groundbreaking Rumah DP Nol Rupiah, Anies-Sandi Salah Pengertian?

2. Jalur pedestrian bisa digunakan untuk pentas kebudayaan, lho!

Pemprov DKI Akan Sulap Trotoar Jalan MH Thamrin, Begini KonsepnyaIDN Times/Akhmad Mustaqim

Khusus untuk jalur pedestrian akan dibuat lebar agar membuat pejalan kaki semakin nyaman. Selain itu kawasan pedestrian ini juga dirancang agar bisa menjadi tempat untuk pentas seni dan budaya oleh masyarakat.

"Trotoar yang ada akan lebar dan dibuat menjadi tempat yang nyaman bagi pejalan kaki dan di jalur ini juga akan disiapkan tempat-tempat untuk kegiatan seni, kegiata budaya, bahkan pada perancangannya pun sudah dengan memasukan nuansa kebudayaan nusantara," ucap Anies.

3. Fasilitas untuk kaum disabilitas

Pemprov DKI Akan Sulap Trotoar Jalan MH Thamrin, Begini KonsepnyaIDN Times/Akhmad Mustaqim

Selain itu ada juga fasilitas untuk kaum disabilitas yang sengaja disiapkan untuk mempermudah penyandang disabilitas berjalan di pedestrian. Anies menyebut akan menyediakan kursi roda khusus yang disediakan gratis bagi penyandang disabilitas.

"Jadi kita siapkan semuanya, insyallah diamankan itu, bahkan nanti anda akan lihat bahwa kita akan siapkan fasilitas ekstra yang mungkin sebelumnya tidak ada, termasuk kursi roda," ujar Anies.

"Jadi kita akan siapkan kalau dibutuhkan. Jadi ini contoh, bukan hanya tempatnya, tapi kursi rodanya kita nanti akan siapkan," lanjutnya.

3. Selesai sebelum Asian Games

Pemprov DKI Akan Sulap Trotoar Jalan MH Thamrin, Begini KonsepnyaIDN Times/Helmi Shemi

Anies menyebut proses penataan jalan Sudirman-Thamrin saat ini sudah mulai dilakukan. Pemprov menargetkan proses penataan ini selesai sebelum perhelatan olahraga Asian Games 2018 dimulai.

"Prosesnya sudah dimulai dan kita berharap bisa selesai sebelum Asian Games di akhir bulan Juli yang akan datang," ujar Anies. 

Baca juga: Anies Maju Pilpres 2019? Gerindra: Selesaikan Jakarta Dulu

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya