Menteri Susi: Berdandan itu Membuang Waktu

Susi ingin punya kapal selam sendiri

Jakarta, IDN Times - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti bercerita tentang kekayaan laut Indonesia. Hal itu disampaikan Susi saat berbicara di depan generasi millennials di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Sabtu (24/2).

1. Menteri Susi tidak suka berdandan

Menteri Susi: Berdandan itu Membuang WaktuIDN Times/Akhmad Mustaqim

Susi mengatakan tantangannya saat menjadi menteri adalah kebiasaannya yang harus diubah. Dari awalnya yang tidak suka menghabiskan waktu untuk bersolek, saat jadi menteri dirinya harus menyediakan waktu khusus untuk mempercantik dirinya.

"Gue pikir berdandan itu waste time. Kalau di laut saya nggak perlu dandan. Biasanya cuma lima menit mandi sudah pakai baju. Sekarang setengah jam karena harus temui pejabat atau wartawan," ujarnya saat diskusi di acara We The Youth dengan anak muda di Gedung Pusat Perfilman Usmar Ismail, Kuningan, Jakarta Selatan, Sabtu (24/2).

Baca juga: Sehari Menjelang Duel Renang Melawan Sandiaga, Ini yang Dilakukan Menteri Susi

2. Susi berkelakar soal kehidupannya sehari-hari yang kini sangat formal

Menteri Susi: Berdandan itu Membuang WaktuIDN Times/Akhmad Mustaqim

Susi bercerita betapa menyebalkan kini dirinya harus menyiapkan waktu untuk hadir di acara formal. Terutama saat dirinya berpidato, dirinya merasa tertantang untuk melakukan hal itu.

"Belum lagi pidato. Dengerin orang yang pidato. Dulu waktu sendiri nggak pernah buang waktu. Sekarang kalau di acara resmi hanya mendengar terimakasih dan yang terhormat," kata Susi berkelakar.

3. Ingin seperti Man of Atlantis sampai punya kapal selam

Menteri Susi: Berdandan itu Membuang WaktuIDN Times/Akhmad Mustaqim

Selain bercerita soal kebiasaan hidupnya yang harus diubah, Susi menceritakan impiannya sewaktu dia kecil. Saat ditanya oleh salah satu perwakilan anak muda Indonesia Chelsea Islan, Menteri Susi menyebut dia pernah berpikir dirinya bisa menjadi seperti salah satu tokoh di film Man From Atlantis.

"Dulu saya mau jadi Man of Atlantis. Saking saya seringnya berenang. Jadi saya ingin punya kapal selam," kata Susi.

4. Susi cerita kisah asli jargon 'Tenggelamkan'  

Menteri Susi: Berdandan itu Membuang WaktuAkif Aizwaf/Twitter.com

Susi sempat curhat mengenai foto dan jargon 'Tenggelamkan' yang sering dijadikan meme oleh netizen. Dirinya memuji kaum muda karena bisa mengemas hal yang sangat serius menjadi sesuatu yang menyenangkan.

"Soal meme tenggelamkan saja. Apa saja (dijadikan meme) tidak malam mingguan tenggelamkan, tidak jumatan tenggelamkan. Anda ini membawa tenggelamkan ini menyenangkan. Apa sadar itu yang saya kerjakan serius sekali. Karena saya lawan mafia," kata Susi.

"Awalnya takut, semua takut, ada yang mengancam tapi Bapak Presiden back up. Jadi negara pasti melindungi. Saya kerja untuk kebaikan negara. Saya pikir anak muda pasti tahu," imbuhnya sembari diiringi tepuk tangan hadirin.

5. Susi ingin kapal viking yang disita dijadikan museum berjalan

Menteri Susi: Berdandan itu Membuang WaktuANTARA FOTO/Puspa Perwita Sari

Menteri Susi berencana meminta kapal-kapal besar yang disita pemerintah untuk dijadikan museum berjalan.

"Saya juga mengusulkan ke Ibu Menteri Keuangan agar kapal viking yang disita bisa untuk jadi museum berjalan ke pelabuhan-pelabuhan di Indonesia. Nanti kita undang mahasiswa untuk mengerti apa itu ilegal fishing," ujar Susi.

Baca juga: 3 Hal Tentang Danau Sunter yang Harus Kamu Ketahui



Topik:

Berita Terkini Lainnya