Menteri Agama Disoraki Saat Orasi, GNPF: Kita Paham Betul Situasinya

Kurangnya informasi

Jakarta, IDN Times - Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin sempat diteriaki massa Aksi 1712 Bela Palestina saat berorasi di atas panggung utama.

Ketua Umum Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF), Bachtiar Natsir pun sempat menenangkan massa saat itu.  

Bachtiar mengaku, sangat paham situasi yang dialami Menag Lukman saat itu. Menurutnya hal itu juga pernah ia alami sebelumnya.

"Ya kita sendiri sebenarnya juga sering jadi korban, jadi kita paham betul situasinya," kata Bachtiar usai aksi 1712 Bela Palestina di kawasan Monas, Gambir, Jakarta Pusat, Minggu (17/12).

Baca juga: Linimasa Aksi Bela Palestina #1712 di Lapangan Monas

Menteri Agama Disoraki Saat Orasi, GNPF: Kita Paham Betul SituasinyaIDN Times/Ahmad Mustaqim

Ia mengatakan insiden itu terjadi akibat  pernyataan Menag yang belum diklarifikasi. Lebih lanjut, Bachtiar menyebut hal itu diperparah oleh massa aksi yang menerima informasi tidak lengkap.

"Kalau yang beredar di masyarakat, seperti tadi yang diangkat oleh mereka tentang LGBT-kan pernah ada. Kemudian tentang anggaran untuk pendidikan di kementerian agama, yang ini informasinya tidak lengkap," ujar Bachtiar. 

"Yang tidak lengkap akhirnya ya berujung ke sana. Ya intinya, ada sebagian yang tidak suka. Tapi alhamdulillah cuma sedikit ya," imbuhnya. 

Menteri Agama Disoraki Saat Orasi, GNPF: Kita Paham Betul SituasinyaIDN Times/Vanny El Rahman

Sementara itu Wakil Sekertaris Jendral MUI, Zaitun sempat khawatir adanya pelemparan botol oleh massa. Namun hal itu tidak terjadi, karena massa ditenangkan oleh sejumlah tokoh yang berada di atas panggung.

"Bahkan tadinya khawatir, ada yg mau lempar botol nih. Awalnya gitu. Jadi kita semua maju ke depan menunjukkan bahwa kita semua menghargai simbol negara. Menteri Agama juga tidak seperti yang didugalah," ucap Zaitun. 

Baca juga: 7 Ucapan Tokoh di Aksi 1712 Ini Keren Banget.Nomor 5 Bikin Kamu Termenung

Topik:

Berita Terkini Lainnya