Ini Obrolan Menarik Anies dan Persija, Hingga Sandi yang Sempat Dikerjai

Sandi mengajak perilaku suporter agar mengubah perilaku

Jakarta, IDN Times - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengundang tim Persija ke Balaikota Jakarta, Jakarta Pusat. Persija diundang karena berhasil melibas Bali United pada final Piala Presiden di Stadion Gelora Bung Karno Sabtu malam (17/2).

1. Setelah 17 tahun absen beri trofi, akhirnya Persija boyong Piala Presiden

Ini Obrolan Menarik Anies dan Persija, Hingga Sandi yang Sempat DikerjaiIDN Times/Akhmad Mustaqim

Anies mengatakan pencapaian Persija meraih juara pertama Piala Presiden adalah hal yang sangat membanggakan. Momen ini sangat ditunggu mengingat Persija sudah 17 tahun absen memberikan piala.

"Hari ini adalah hari yang membanggakan bagi masayarakat Jakarta, ini benar-benar menjadi pembuka babak baru. Sudah 17 tahun persija belum menjadi juara. Hari ini kita warga Jakarta merasa bangga," kata Anies di Balai Kota, Jakarta Pusat, Minggu (18/2).

Baca juga: Gelora Bung Karno Rusak, Begini 3 Pernyataan Panitia Piala Presiden

2. Momen keakraban yang begitu kental

Ini Obrolan Menarik Anies dan Persija, Hingga Sandi yang Sempat DikerjaiIDN Times/Akhmad Mustaqim

Dalam kesempatan ini, pemain Persija diabsen satu persatu oleh Anies. Suasana gembira dan penuh keakraban sangat terasa. Saat salah satu pemain Persija, Sandi Sute dipanggil. Sontak, Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno turut berdiri dan mengacungkan salam Persija.

"Saya sengaja panggil Sandi saja biar dua-duanya berdiri," ujar Anies sembari diiringi tawa hadirin.

3. Anies bicara soal stadion Persija yang akan segera dibangun

Ini Obrolan Menarik Anies dan Persija, Hingga Sandi yang Sempat DikerjaiIDN Times/Akhmad Mustaqim

Saat sambutan, Anies sempat menyinggung soal stadion Persija Jakarta yang akan segera dibangun. Namun, dia belum bersedia banyak berkomentar soal kapan mulainya pembangunan stadion yang digadang-gadang akan menjadi stadion bertaraf internasional.

"Semoga dalam waktu dekat cita-cita kita untuk punya stadion. Mending mendadak jadi dari pada mendadak batal. Saya dan Sandi seriusi. Kita ingin mengimbangi kerja keras fans di luar sana," ujar Anies saat sambutan di depan pemain persija Jakarta.

Selanjutnya terkait bonus untuk para pemain persija yang berhasil memboyong piala Piala Presiden, Anies memastikan ada bonus yang bakal diberikan dari Pemprov DKI.

"(Soal bonus) ada Insyaallah," kata Anies.

4. Pemain dan Tim Persija terharu

Ini Obrolan Menarik Anies dan Persija, Hingga Sandi yang Sempat DikerjaiIDN Times/Akhmad Mustaqim

Sementara, Presiden Persija Jakarta Ferry Paulus mengatakan pihaknya berterima kasih atas euforia masyarakat Jakarta atas kemenangan Persija. Ferry juga terharu telah disambut hangat oleh Pemprov DKI Jakarta.

"Gubernur beri kesempatan kepada kita untuk boleh hadir. Teman-teman sangat terharu. baik tim manajemen, para pemain official ini sambutannya luar biasa," ujar Ferry.

5. Kerusakan GBK terjadi di Sektor G5

Ini Obrolan Menarik Anies dan Persija, Hingga Sandi yang Sempat DikerjaiBiro Pers Istana

Salah satu penyebab kerusakan di GBK diduga ulah oknum suporter persija The Jakmania yang nekat menerobos masuk tanpa membeli tiket pertandingan. 

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengatakan kerusakan terlihat di beberapa tempat di Stadion GBK. Kerusakan mulai dari pagar, bangku dan di sektor G5. Sandi menyebut tak semua kerusakan diakibatkan aksi supporter yang liar.

"Ini saya baru saja terhubung dengan Director Aveneu Asian Games bahwa yang ditimbulkan kerusakannya, itu ada di G5, ada juga pagar pembatas, dan ada juga beberapa bangku. Tapi bukan karena vandalisme, tapi karena bautnya kendor dan harus diperbaiki ada beberapa," ujar Sandi di Balaikota DKI Jakarta, Gambir Jakarta Pusat, Minggu (18/2). 

6. Pemprov berkoordinasi dengan pihak terkait

Ini Obrolan Menarik Anies dan Persija, Hingga Sandi yang Sempat DikerjaiIDN Times/Akhmad

Pemprov DKI Jakarta memastikan Stadion GBK akan segera direnovasi. Terkait hal itu, Pemprov telah berkoordonasi dengan sejumlah pihak terkait, seperti Ketua Panitia Penyelanggara Piala Presiden Maruarar Sirait dan pengelola GBK agar GBK dapat berfungsi seperti semula. 

"Kami sudah berkoordinasi dengan Director Aveneu Asian Games. langsung bisa dipastikan tereksekusi kerjasama dari gbk dg panitia pak Arar Sirait dan kami bersama persija segera merestorasi agar venue ini kembali seperti semula," ujar Sandi.

3. Sandi sayangkan perilaku oknum suporter yang merusak fasilitas GBK

Ini Obrolan Menarik Anies dan Persija, Hingga Sandi yang Sempat DikerjaiIDN Times/Akhmad Mustaqim

Sandi mengatakan sebagus apa pun Stadion dibangun, jika perilaku suporter belum diperbaiki hasilnya akan sama saja. Dia mengajak suporter agar mengubah perilakunya.

"Marilah kita gunakan kesempatan ini untuk mengubah perilaku. Karena mau bagaimana pun juga stadion itu dibangun, tapi kalau perilaku segelintir oknum ini belum bisa berubah gemana? Kemarin masyarakat sudah ikut monitor, jika mereka lihat ada yang merusak, itu dibilang kampungan," ujar Sandi.

Baca juga: Paspampres Larang Anies Ikut Penyerahan Piala Presiden, Begini Tanggapan Istana

Topik:

Berita Terkini Lainnya