Mendikbud Muhadjir Effendy Tagih Anak Muda Berprestasi untuk Bangun Indonesia

Mendikbud sebut siap memfasilitasi

Jakarta, IDN Times - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy menyebutkan Forum Alumni Olimpiade Sains Nasional bisa menjadi sebuah wadah yang positif bagi generasi muda yang berprestasi dan kreatif untuk membangun Indonesia dengan caranya masing-masing. 

"Sekarang ini, kita ingin mengingatkan kepada mereka (generasi muda) untuk merasa terpanggil dan memiliki komitmen yang kuat untuk membangun Indonesia. Dan jangan sampai melakukan 'migrasi otak'. Mengingat, jika mereka tidak mau akan sangat rugi, itu yang pertama," kata Muhadjir di Hotel Aryaduta, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (17/12).

Baca juga: Golkar Akan Bangkit Melalui Tahun-tahun Politik di Indonesia

Mendikbud Muhadjir Effendy Tagih Anak Muda Berprestasi untuk Bangun Indonesia IDN Times/Ahmad Mustaqim

Ia juga meminta kepada juara olimpiade yang mayoritas anak muda, untuk menyusun langkah nyata dalam membangun Indonesia. Muhadjir menyebut, saat ini Indonesia menagih karya para juara olimpiade ini.

"Karena itu, temanya bukan mengabdi tapi Indonesia menagih mereka. Karena mereka lahir hingga darah dagingnya berasal dari Indonesia. Dan sudah waktunya memberikan sumbangsih kepada Indonesia," lanjut Muhadjir.

Mendikbud Muhadjir Effendy Tagih Anak Muda Berprestasi untuk Bangun Indonesia IDN Times/Ahmad Mustaqim

Muhadjir juga menegaskan, pihaknya siap memfasilitasi apapun yang dibutuhkan oleh para juara muda ini. Namun menurutnya para alumnus olimpiade ini sudah sangat mandiri.

"Kalau yang perlu difasilitasi yang kita fasilitasi, tapi rata-rata mereka sudah sangat mandiri. Kenapa? karena mereka bisa menjadi juara olimpiade, bukan hanya kemampuan intelejensinya saja yang bagus tapi kemampuan mentalnya juga terbentuk," tutur Muhadjir.

Sebagaimana diketahui, Olimpiade Sains Nasional ini sudah menghasilkan ratusan alumni berprestasi sejak tahun 2002 silam. Dalam acara ini, ada 168 alumni juara olimpiade nasional.

Dimana mereka semua terbagi dalam 9 kategori bidang sains, mulai dari fisika, biologi, kimia, astronomi, matematika, komputer, ekonomi, kebumian, dan geografi. 

Baca juga: 7 Ucapan Tokoh di Aksi 1712 Ini Keren Banget.Nomor 5 Bikin Kamu Termenung

Topik:

Berita Terkini Lainnya