BMKG: Hujan Lebat Meningkat 2 Hari ke Depan

Jangan berteduh di bawah pohon ya, guys!

Jakarta, IDN Times - Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi mulai 7-10 Maret akan terjadi hujan lebat di sejumlah wilayah di Indonesia. Salah satu daerah yang diprediksi akan diguyur hujan adalah DKI Jakarta.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG Mulyono menyebutkan hujan lebat diakibatkan kondisi atmosfer yang diisi aliran udara basah dari Samudra Hindia ke Indonesia.  

"Kondisi tersebut diperkirakan mengakibatkan potensi hujan dengan intensitas lebat terjadi di beberapa wilayah Indonesia, antara lain DKI Jakarta," ujar Mulyono melalui keterangan tertulis, Selasa (6/3).

1. Berpotensi memicu longsor dan banjir

BMKG: Hujan Lebat Meningkat 2 Hari ke Depan ANTARA FOTO/Yusran Uccang

BMKG mengimbau masyarakat mewaspadai bencana alam yang dipicu hujan lebat, seperti longsor dan banjir, terutama di daerah rawan bencana alam.

"Masyarakat untuk waspada potensi genangan, banjir maupun longsor bagi yang tinggal di wilayah berpotensi hujan lebat terutama di daerah rawan banjir dan longsor," kata Mulyono.

Baca juga: BMKG Sebut Indonesia Jadi 'Supermarket' Bencana

2. Jangan berlindung di bawah pohon

BMKG: Hujan Lebat Meningkat 2 Hari ke Depan greatgardeningguide.com

BMKG juga mengimbau masyarakat agar tidak berlindung di bawah pohon besar saat hujan. Sebab hujan yang turun akan disertai angin kencang yang bisa membuat pohon tersebut roboh.

"Waspada terhadap kemungkinan hujan disertai angin yang dapat menyebabkan pohon maupun baliho tumbang atau roboh," ucapnya.

3. Hat-hati saat berkendara

BMKG: Hujan Lebat Meningkat 2 Hari ke Depan thearchipelagowoods.com

Selain jangan berteduh di bawah pohon besar, warga juga diminta untuk lebih waspada saat berkendara di kala hujan. Sebab curah hujan yang tinggi bisa membuat jarak pandang terganggu dan jalan menjadi licin. Sangat disarankan untuk menurunkan kecepatan saat hujan. So, hati-hati ya guys!

Baca juga: BMKG Minta Masyarakat Waspadai Tiga Kondisi Ini dari Dampak Siklon Tembin

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya