#BFA2018: Menperin Sebut Industri Kosmetik Tanah Air Terhambat soal Ekstraksi

Padahal bahan baku tersebar di Indonesia

Jakarta, IDN Times -Menteri Perdagangan Airlangga Hartarto menghadiri malam anugerah BeautyFest Asia 2108 by Popbela.com, Sabtu (17/3). Dalam kesempatan itu, Menteri Airlangga berbicara soal bahan baku kosmetik yang melimpah.

1. Punya banyak bahan baku kosmetik di Indonesia

#BFA2018: Menperin Sebut Industri Kosmetik Tanah Air Terhambat soal Ekstraksiklimg.com

Airlangga mengatakan Indonesia kaya akan aneka ragam bahan baku untuk membuat kosmetik. Bahan baku itu tersebar di Tanah Air Indonesia.

"Kalau kita lihat dari segi Indonesia sendiri bahan bakunya kita punya banyak punya aneka bahan baku hayati baik dari dalam negeri, di darat ataupun di laut," kata Airlangga saat memberikan sambutan di acara BeautyFest Asia 2018 di Ciputra Artpreuner, Kuningan, Jakarta Selatan, Sabtu, (17/3).

2. Permasalahannya adalah soal ekstraksi

#BFA2018: Menperin Sebut Industri Kosmetik Tanah Air Terhambat soal Ekstraksiklimg.com

Namun menurut Airlangga Indonesia masih mempunyai sejumlah pekerjaan rumah melakukan ekstraksi bahan baku tersebut. Misalnya ekstraksi lidah buaya untuk menjadi bahan baku kosmetik.

Baca juga: #BFA2018: Ajang Mencoba Produk-produk Kosmetik yang Tengah Hits

"Persoalannya di kita adalah bagaimana kita ekstraksi dari pada bahan utama kita punya lidah buaya. Kita punya bahan kolagen kita punya banyak tapi ekstraksinya itu masih menjadi isu," ujar Airlangga.

3. Airlangga sempat berkelakar dirinya merasa muda

#BFA2018: Menperin Sebut Industri Kosmetik Tanah Air Terhambat soal EkstraksiIDN Times/Kevin Handoko

Saat awal sambutan Airlangga sempat berkelakar soal dirinya merasa muda. Namun seketika perasaannya sirna setelah melihat banyak peserta malam anugerah yang seumuran anaknya.

"Saya merasa muda di ruangan ini. Sampai saya ketemu teman anak laki-laki saya dan anak perempuan saya. Di situ saya merasa tua lagi," ujar Airlangga dalam bahasa Inggris sembari disambut tawa oleh hadirin.

BeautyFest Asia 2018 by Popbela.com adalah konferensi dan pameran kecantikan terkemuka di Asia Tenggara yang diselenggarakan oleh IDN Media. Pameran ini menampilkan influencer kecantikan global, produk kecantikan terkini, dan tren terkini dan inovasi di industri kecantikan.

Sebelum Menteri Perdagangan Airlangga Hartarto hadir hari ini, kemarin Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti pun turut hadir menjadi pembicara dalam acara ini. #BeautyFestAsia2018 #BFA2018 #DiversityisBeautiful

Baca juga: #BFA2018: Apa sih yang Dibahas Beauty Influencer saat Mereka Ketemuan?

Topik:

Berita Terkini Lainnya