Airlangga: Hanya 40 Menit, Golkar Lolos Verifikasi Faktual

Cepat juga, ya!

Jakarta, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) melakukan verifikasi faktual terhadap Partai Golkar. Verifikasi faktual dipimpin oleh salah satu komisioner KPU Ilham Saputra.

1. Tiga hal yang diverifikasi KPU

Airlangga: Hanya 40 Menit, Golkar Lolos Verifikasi FaktualIDN Times/Akhmad Mustaqim

Ada tiga hal yang diverifikasi oleh KPU. Yaitu lengkapnya pimpinan organisasi seperti Ketua Partai, Sekretaris, dan Bendahara umum. Kedua keterwakilan 30 persen perempuan dari total pengurus di Dewan Pimpinan Pusat. Ketiga domisili kantor yang bisa dipastikan bisa digunakan hingga akhir pemilu pada 2019. Hal pertama dan kedua sudah dipastikan lolos oleh KPU karena dokumennya lengkap dan sesuai.

Baca juga: Survei LSI: Suara Golkar Berpeluang Melampaui PDIP

2. Golkar memenuhi kuota 30 persen keanggotaan perempuan

Airlangga: Hanya 40 Menit, Golkar Lolos Verifikasi FaktualIDN Times/Akhmad Mustaqim

KPU menilai Partai Golkar telah memenuhi kuota 30 persen keanggotaan perempuan di tingkat kepengurusan Dewan Pimpinan Pusat.

"Dari 82 orang (yang ada) 80 orang hadir, maka dianggap telah memenuhi syarat, jadi prinsipnya untuk DPP Partai Golkar di level DPP memenuhi syarat," kata Komisioner KPU Ilham Saputra sesuai melakukan verifikasi faktual di DPP Partai Golkar, Jakarta Barat, Senin (29/1).

3. Setelah lolos verifikasi di DPP, Golkar harus bersiap di DPC

Airlangga: Hanya 40 Menit, Golkar Lolos Verifikasi FaktualIDN Times/Akhmad Mustaqim

Ilham juga menyebutkan meski telah lolos verifikasi faktual di DPP, masih ada beberapa tahapan berikutnya sebelum Partai Golkar benar-benar bisa mengikuti kacah Pemilu 2018-2019.

"Yang harus diperhatikan Partai Golkar adalah verifikasi faktual keanggotaan di level kabupaten dan kota, agar betul siap. Nanti juga dihadirkan orangnya, sesuai dengan Sistem Informasi Partai Politik (Sipol)" kata Ilham.

4. Golkar hanya perlu 40 menit untuk lolos verifikasi

Airlangga: Hanya 40 Menit, Golkar Lolos Verifikasi FaktualIDN Times/Akhmad Mustaqim

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto bersyukur partainya lolos dengan mudah di verifikasi faktual tingkat pusat. Tak perlu lama-lama, Airlangga menyebut hanya KPU hanya memakan waktu 40 menit.

"Alhamdulilah di tingkat pusat PG telah diverifikasi dan memakan proses 40 menit, tadi dari KPU Bawaslu melakukan verfak fisik dengan absen, dan dari absen tersebut persyaratan 30 persen telah terpenuhi," kata Airlangga sesuai partainya diverifikasi di tempat yang sama.

Baca juga: Golkar Berpotensi Kalahkan PDIP di Pilpres 2019?



Topik:

Berita Terkini Lainnya