12 Ketua Umum Parpol Ini Pernah Bahas Politik dengan Jokowi di Istana

Selain ketua umum partai koalisi, ada juga partai oposisi

Jakarta, IDN Times - Pertemuan antara Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dengan Presiden Joko Widodo atau Jokowi di Istana Merdeka, mendapat beragam komentar dari sejumlah pihak. Partai baru yang dipimpin Grace Natalie itu dihujani protes hingga dilaporkan ke Ombudsman RI oleh Advokat Cinta Tanah Air (ACTA).

Padahal, selain PSI ada juga sejumlah ketua umum partai politik lainnya yang pernah bertemu dengan Presiden Jokowi dalam berbagai kesempatan di Istana Merdeka dan Istana Bogor. Mereka umumnya pimpinan partai koalisi, namun ada juga pimpinan partai oposisi. 

Berikut 12 ketua umum partai politik yang pernah bertemu Jokowi di Istana Presiden:

1. Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar

12 Ketua Umum Parpol Ini Pernah Bahas Politik dengan Jokowi di IstanaIDN Times/Ahmad Mustaqim

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar pernah bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka pada Selasa 21 Oktober 2014. Pertemuan ini menjadi sorotan media, karena saat itu tengah ramai isu reshuffle atau perombakan menteri. Ditambah lagi, pertemuan itu berlangsung tertutup

Pria yang akrab disapa Cak Imin ini juga enggan berkomentar kepada awak media keluar dari Istana sekitar pukul 12.10 WIB. Dia hanya tersenyum ketika ditanya mengenai topik pembahasan saat bertemu Presien Jokowi.

Mantan Menakertrans ini bergegas masuk ke mobil VW Caravelle yang disediakan di Istana untuk menuju mobil pribadinya, yang diparkir di Gedung Sekretariat Negara.

Namun, pada hari yang sama, Cak Imin berkicau lewat akun Twitter nya @MuhaiminIskndr. Dia mengaku lebih berkonsentrasi menjadi Ketua Umum PKB meski masuk dalam bursa menteri Jokowi.

"Kayaknya aku lebih memilih konsentrasi jadi ketua umum PKB, karena memang lebih baik tidak merangkap dengan jabatan menteri. Mohon dukungan," tweet Cak Imin.

Presiden Jokowi selama ini memang mensyarakatkan calon menterinya tak boleh merangkap jabatan ketum parpol. Cak Imin sebelumnya sempat beda pendapat dengan Jokowi soal syarat ini. PKB sejak awal hingga kini memang bagian dari partai koalisi pemerintahan Jokowi-JK.

2. Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan

12 Ketua Umum Parpol Ini Pernah Bahas Politik dengan Jokowi di IstanaIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan pernah bertemu Presiden Joko Widodo, sebelum mantan Wali Kota Solo itu menemui Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri di Istana Batu Tulis, Bogor, pada 20 Februari lalu.

Zulkifli mengaku bertemu dengan Jokowi siang harinya di Istana Negara. Dia tidak membenarkan namun tidak memantah jika pertemuan itu membahas calon presiden dan calon wakil presiden pada Pemilu 2019.

"Ya kalau orang politik, ngomong politik ada. Tapi tidak khusus soal capres-cawapres," kata Zulkifli di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (21/2/2018).

Namun, Zulkifli menolak jika pertemuannya dengan Jokowi dihubungkan dengan pertemuan lanjutan di Istana Batu Tulis, Bogor. Ia menilai wajar pertemuan Jokowi dengan Megawati karena keduanya terikat dalam satu partai, PDIP. Justru, kata dia, akan aneh jika Megawati selaku ketua umum partai dan Jokowi selaku kader partai jarang bertemu.

PAN sendiri merupakan partai koalisi atau pendukung Pemerintahan Jokowi-JK. Namun, dorongan agar PAN keluar dari barisan koalisi pemerintah pernah mengemuka. Bahkan, dorongan itu muncul dari internal partai, yakni Ketua Majelis Kehormatan PAN sekaligus pendiri partai Amien Rais, yang mendesak partai ini keluar dari koalisi pemerintah.

Sikap kritis Amien terhadap kebijakan pemerintah Jokowi-JK sering terlihat. Klimaksnya, saat Pilkada DKI Jakarta 2017. Kala itu, pemerintah dianggap menjadi penyokong calon gubernur petahana, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok yang saat itu 'dianggap' terlibat kasus penistaan agama.

3. Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)

12 Ketua Umum Parpol Ini Pernah Bahas Politik dengan Jokowi di IstanaIDN Times/Ahmad Mustaqim

Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono atau yang akrab disapa SBY pun tercatat pernah menemui Presiden Jokowi. Selama 2017, Jokowi dua kali bertemu dengan presiden ke-6 RI.

Pertemuan pertama berlangsung di Istana Merdeka, Gambir, Jakarta Pusat pada 9 Maret 2017. Dalam pertemuan itu Jokowi mengajak mantan Menkopolhukam Djoko Suyanto.

Belakangan diketahui obrolan antara Presiden Jokowi dan mantan Presiden itu bukan soal politik. Melainkan soal kedatangan Raja Arab Saudi, Salman bin Abdul Aziz, dan Konferensi ​Indian Ocean Rim Association (IORA).

Pertemuan kedua antara Jokowi dan SBY pada 27 Oktober 2017. Pertemuan antara Jokowi dan SBY itu tidak ada dalam agenda Presiden sebelumnya. Sejumlah pengamat politik menilai pertemuan Jokowi dan SBY yang kedua kalinya itu membahas reshuffle kabinet dan pengesahan UU Ormas.

4. Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto

12 Ketua Umum Parpol Ini Pernah Bahas Politik dengan Jokowi di IstanaANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Pasca-menang pada Pilpres 2014, Jokowi melakukan pertemuan dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto Gerindra. Pertemuan itu berlangsung di Istana Bogor pada 29 Januari 2015.

Pertemuan itu berlangsung tertutup dari awak media. Prabowo menyebutkan pertemuan itu merupakan bentuk dukungannya terhadap pemerintahan Jokowi yang merupakan rivalnya saat Pilpres 2014.

Prabowo pun tercatat kembali bertemu dengan mantan Gubernur DKI Jakarta ini pada 17 November 2016. Saat itu, Prabowo diundang Jokowi untuk makan siang bersama di Istana Merdeka.

Jokowi kemudian membalas kunjungan dengan berkunjung ke kediaman Prabowo di kawasan Hambalang, Bogor. Pertemuan itu berlangsung tertutup selama dua jam. Seusai pertemuan, Jokowi diberikan topi koboi oleh Prabowo. Tak hanya itu, Jokowi pun diajak Prabowo menunggang kuda putih bernama Salero.

5. Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri

12 Ketua Umum Parpol Ini Pernah Bahas Politik dengan Jokowi di IstanaTwitter/@KSPgoid

Presiden Jokowi juga sering bertemu Ketua Umum Megawati Soekarno Putri. Megawati bertemu Presiden pada 24 Oktober 2015. Saat itu, Jokowi yang sudah berkantor di Istana Merdeka bertemu dengan Mega yang didampingi Sekjen PDIP Hasto Kristianto.

Dalam momen itu, Presiden Jokowi membahas pertemuan soal maraknya kebakaran hutan yang melanda beberapa daerah di Indonesia. Sebagai ketua partai pengusung Jokowi, Mega sering melakukan pertemuan dengan mantan Wali Kota Surakarta ini.

Terakhir, Jokowi bertemu dengan Megawati di Istana Batu Tulis, Bogor, pada 20 Februari 2018 malam. Tak ragu-ragu, Jokowi mengakui pertemuannya dengan Mega itu terkait Pemilihan Presiden pada 2019.

"Ya, kalau saya ngomong (tidak berbicara mengenai pilpres), kan, namanya bohong. Iya, saya berbicara mengenai pilpres," ujar Jokowi saat ditemui awak media di Kompleks Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, 21 Februari 2018.

Baca juga: Ini yang Dibahas PSI saat Bertemu Presiden Jokowi di Istana

6. Mantan Ketua Umum Partai Golkar Setya Novanto

12 Ketua Umum Parpol Ini Pernah Bahas Politik dengan Jokowi di IstanaANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Sebelum terjerat kasus korupsi KTP elektronik (e-KTP), Setya Novanto pernah bertemu dengan Presiden Jokowi di Istana Merdeka pada 24 Mei 2016. Saat itu, Novanto masih menjabat sebagai Ketua Umum Partai Golkar.

Dalam pertemuan itu, Novanto didampingi Sekjen Golkar Idrus Marham, Bendahara Umum Golkar Robert Kardinal, Ketua Harian Golkar Nurdin Halid, dan Ketua Dewan Pembina Golkar Aburizal Bakrie.

Pertemuan itu diadakan tak lama setelah Novanto terpilih menjadi ketua umum melalui Munaslub Golkar, yang diadakan di Bali pada 17 Mei 2016. Pada pertemuan itu, pria yang akrab disapa Setnov itu memastikan dukungan Golkar untuk Pemerintahan Jokowi.

7. Ketua Umum PPP Romahurmuziy

12 Ketua Umum Parpol Ini Pernah Bahas Politik dengan Jokowi di IstanaANTARA FOTO/Agung Radjasa

Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Romahurmuziy pun tercatat beberapa kali pernah bertemu dengan Presiden Jokowi di Istana. Di antaranya pertemuan itu berlangsung pada 19 Mei 2017.
Dalam pertemuan itu, Jokowi dan pria yang akrab disapa Romy membahas terkait Pilkada serentak 2018.

Pertemuan kedua pada 22 November 2016 di Istana Merdeka. Pertemuan antara Jokowi dan Romy terjadi setelah ada aksi 411 yang berlangsung seharian. Saat itu, Jokowi menyebut unjuk rasa tersebut sempat ricuh karena ditunggangi sejumlah kalangan. Pembicaraan keduanya terkait dengan aksi tersebut.

8. Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh

12 Ketua Umum Parpol Ini Pernah Bahas Politik dengan Jokowi di IstanaANTARA FOTO/Darwin Fatir

Ketua Umum Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Surya Paloh setidaknya dua kali bertemu dengan Presiden Jokowi. Pertemuan pertama berlangsung di Istana Merdeka pada 17 Februari 2015. Dalam pertemuan itu, Jokowi berbicara seputar pengajuan calon tunggal Kapolri saat itu, Komjen Budi Gunawan yang dibanjiri kritik dari berbagai pihak.

Pertemuan kedua pada 22 November 2016. Pertemuan kedua ini masih dalam rangka kelanjutan konsolidasi, setelah unjuk rasa besar-besaran di sekitar Istana pada 4 November 2016. Pasca-unjuk rasa yang berujung ricuh pada malam harinya itu, Jokowi menemui ulama, kesatuan TNI-Polri, hingga bersilaturahmi dengan ketua umum partai politik.

9. Ketua Umum PKS Sohibul Iman

12 Ketua Umum Parpol Ini Pernah Bahas Politik dengan Jokowi di Istanakedaipena.com

Presiden Jokowi juga sempat menemui Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sohibul Iman. Pertemuan itu berlangsung di Istana Merdeka, Gambir, Jakarta Pusat, pada 22 Desember 2015.

Sohibul menegaskan, kedatangannya ke Istana untuk bersilaturahim. Sejak dirinya terpilih menjadi Presiden PKS, ini adalah kali pertama bertemu Jokowi.

Dia juga membantah apabila dalam pertemuan tersebut ada pembahasan soal kabinet. Sohibul mengaku tak menyodorkan nama-nama kader PKS untuk masuk jajaran Kabinet Kerja.

10. Mantan Ketua Umum Partai Hanura Wiranto

12 Ketua Umum Parpol Ini Pernah Bahas Politik dengan Jokowi di IstanaIDNTimes/Fitang Adhitia

Selain itu, Menkopolhukam Wiranto pun pernah bertemu dengan Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Gambir, Jakarta Pusat, pada 22 Desember 2014. Pertemuan itu berlangsung tak lama setelah Jokowi dilantik menjadi Presiden.

Wiranto yang saat itu masih menjabat sebagai Ketua Umum Partai Hanura menyampaikan undangan Munaslub kepada Jokowi. Dia berharap Jokowi bisa hadir pada acara Munaslub Hanura.

Selang setahun berikutnya, pada 2 September 2015, Wiranto juga pernah menyambangi Istana. Kali ini dia didampingi Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan. Pertemuan itu diduga untuk membahas soal reshuffle Kabinet Kerja. Saat itu, Wiranto belum menjabat sebagai Menkopolhukam.

11. Ketua Umum PSI

12 Ketua Umum Parpol Ini Pernah Bahas Politik dengan Jokowi di IstanaIDN Times/Linda Juliawanti

Terbaru, Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Grace Natalie dan sejumlah anggotanya bertemu dengan Presiden Jokowi di Istana Merdeka, pada Kamis 1 Maret lalu. Pertemuan itu mendapatkan beragam komentar dari sejumlah pihak. Apalagi kiprah PSI yang masih seumur jagung.
 
Ketua Umum PSI Grace Natalie mengatakan pertemuan dengan Jokowi merupakan inisiatif DPP PSI. Mereka mengirim surat meminta pertemuan dengan Jokowi setelah PSI dinyatakan lolos verifikasi faktual oleh KPU.

"PSI adalah pihak yang mengajukan permintaan audiensi. Permintaan diajukan sekitar lolos verifikasi," kata Grace di Kantor DPP PSI, Jakarta Pusat, Sabtu (3/3).

Dalam pertemuan itu, Grace menyampaikan aspirasinya sebagai partai pendatang baru ke Presiden Jokowi. Di antaranya adalah soal infrastruktur, UU MD3, pengentasan kemiskinan, serta permasalahan korupsi terutama soal intoleransi.

"Ini terasa semakin merajalela dan korban-korbannya makin tinggi," ujar dia.

Grace mengungkapkan, suasana pertemuan dengan Jokowi santai dan berjalan lancar. "Jadi sambil ngobrol mengalir begitu aja. Enak sekali ritme pembicaraannya," ungkap Grace.

12. Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoe

12 Ketua Umum Parpol Ini Pernah Bahas Politik dengan Jokowi di IstanaRivan Awal Lingga/ANTARA FOTO

Dan paling terbaru, Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo pun turut masuk deretan ketua umum partai yang bertemu dengan Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Gambir, Jakarta Pusat, Senin (5/3). Perindo memang telah menyatakan dukungan pada Jokowi untuk Pilpres 2019. 

Dalam pertemuan tersebut, Hary Tanoe membantah kedua pihak bicara tentang pemenangan Jokowi dalam Pilpres 2019. Kedatangannya ke Istana hanya untuk mengundang Presiden untuk hadir di acara rapat pimpinan nasional Perindo di Jakarta Convention Center (JCC) pada 21 Maret 2018.

"Kami mohon kesediaan beliau tentunya untuk hadir dan juga membuka acara itu," kata Hary di kompleks Istana Kepresidenan, Senin (5/3).

Baca juga: Dituding Gunakan Istana untuk Pemenangan Pemilu, PSI Tak Ambil Pusing

Topik:

Berita Terkini Lainnya