Ini Dia Foto-Foto Presiden Jokowi Saat Mengenakan Baju Adat Indonesia

Sangat beragam dan unik ya!

Pak Jokowi ini suka banget loh melakukan gebrakan agar baju adat Indonesia digunakan oleh masyarakat. Kamu tahu? Di berbagai kesempatan, kita juga dapat melihat Jokowi menggunakan baju adat, khususnya dalam melakukan kunjungan kerja. Baju apa saja ya yang pernah dipakai Presiden Jokowi? So, check this out!

1. Baju adat Nias.

Ini Dia Foto-Foto Presiden Jokowi Saat Mengenakan Baju Adat Indonesialiputan6.com

Baju adat ini merupakan dari Nias. Jokowi menggunakannya saat melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Nias, Sumatera Utara. Dia pun membagikan fotonya dan mencuit "Saya dan Ibu Iriana mengenakan baju daerah Nias. Warnanya mentereng banget. Keren nggak? - jkw "

2. Baju adat Bali.

Ini Dia Foto-Foto Presiden Jokowi Saat Mengenakan Baju Adat Indonesiavillabalisale.com

Pakaian adat Bali ini dikenakan oleh Jokowi saat kunjunganya ke Bali untuk membuka acara Pesta Kesenian Bali ke-38. 

3. Baju adat Batak Toba.

Ini Dia Foto-Foto Presiden Jokowi Saat Mengenakan Baju Adat Indonesianasional.tempo.co

Jokowi mengenakan baju adat Batak Toba ini saat melakukan kunjungan kerja untuk membuka Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba di Balige, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara, Minggu, 21 Agustus 2016. Ternyata banyak netizen yang mengomentari pakaian Jokowi ini loh, katanya sih mirip penyanyi Sia. Tapi yang pasti, ini merupakan bentuk komitmen Jokowi untuk melestarikan dan menghormati budaya setempat.

4. Baju adat Maluku.

Ini Dia Foto-Foto Presiden Jokowi Saat Mengenakan Baju Adat Indonesiatempo.co

Baju adat kehormatan Maluku ini diberikan kepada Jokowi sebagai bentuk penghargaan kepadanya, karena dinilai memberikan perhatian yang besar kepada warga Maluku. Penganugerakan dilakukan langsung oleh Ketua Majelis Latupati Maluku, Bonifaxius Silooy, di Kristiani Center, Ambon.

5. Baju adat Kerawang Aceh.

Ini Dia Foto-Foto Presiden Jokowi Saat Mengenakan Baju Adat Indonesiafacebook.com/Jokowi

Baju adat Gayo Aceh ini disematkan kepada Jokwi saat beliau hendak meresmikan Bandara Rembele di Aceh pada tahun 2016.

6. Baju adat Bugis.

Ini Dia Foto-Foto Presiden Jokowi Saat Mengenakan Baju Adat Indonesiaksp.go.id

Jokowi melakukan tukar baju adat dengan Wakil Presidennya, Jusuf Kalla. Dia terlihat mengenakan baju adat Bugis saat hadir di Sidang Tahunan MPR 2017 di komplek Senayan. Sedangkan, JK sendiri terlihat mengunakan baju adat Jawa. Keren ya guys!

7. Baju adat Kalimantan.

Ini Dia Foto-Foto Presiden Jokowi Saat Mengenakan Baju Adat Indonesiakompas.com

Ini dia, pada 17 Agustus 2017, Jokowi yang bertindak sebagai Inspektur upacara menggunakan baju adat dari Kalimantan. Tidak hanya Jokowi, tamu lainnya juga terlihat menggunakan baju adat karena diminta langsung oleh Jokowi melalui undangan yang disebarkan.  Ayo lestarikan baju adat Indonesia guys!

Aji Prasidha Photo Writer Aji Prasidha

Tulisan adalah jejak

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya