"Senyap" & "Jagal": Film Tentang PKI yang Tak Diputar Seperti G30S/PKI

Filmnya ternyata masuk dalam nominasi Piala Oscar lho!

Film G30S/PKI ditayangkan kembali pada tanggal 30 September 2017. Maksud dari penyangan film G30S/PKI ialah agar bangsa Indonesia tidak melupakan sejarah dan kejadian buruk yang menimpa pada zaman dulu tidak terulang kembali. Bahkan presiden Jokowi menekankan menonton film akan sejarah itu penting bagi generasi sekarang.

Namun, apakah kalian tahu bahwa ada film yang menceritakan seputar peristiwa 1965 selain G30S/PKI. Film itu berjudul Senyap dan Jagal. Bahkan kedua film tersebut sempat masuk nominasi OSCAR kategori film dokumenter. Film Senyap dan Jagal sendiri dibuat oleh sineas asal Amerika Serikat, Joshua Oppenheimer.

Seperti yang dilansir dari laman Merdeka, panglima TNI hanya memerintahkan jajarannya untuk memutar film Pengkhianatan G30S/PKI. Tapi, hal tersebut dianggap tidak adil lantaran karena tidak dibarengi film serupa yang mengambil tema peristiwa 1965. Film Senyap dan Jagal dianggap sebagai antitesa dari film G30S/PKI, sehingga dianggap adil kalo diputar bersamaan dengan film pengkhianatan G30S/PKI. 

Film Jagal bercerita tentang para pelaku pembantaian terhadap orang-orang yang dituduh terlibat Partai Komunis Indonesia (PKI) di kawasan Sumatera Utara. Sementara film Senyap  bercerita tentang kehidupan adik dari korban yang dibunuh karena dituduh PKI, dan usahanya untuk menemui orang-orang yang membunuh kakaknya.

Ditanyai mengenai pemutaran film pengkhianatan G30S/PKI, Panglima TNI Jendral Gatot Nurmantyo mengatakan bahwa dia tidak tahu-menahu soal film Senyap dan Jagal . Panglima TNI sendiri tidak masalah banyak orang yang mempersepsikan lain terkait keputusannya memutar film G30S/PKI. "Otak setiap orang kan beda-beda, kalo ada yang mempersepsikan lain saya enggak ada masalah, saya tidak akan menanggapi itu, yang penting saya kerjakan. Saya katakan bahwa kami punya pengalaman buruk," jelasnya.

Nah kalian pengen tahu fim Senyap dan Jagal seperti apa, anda bisa baca sedikit ulasan tentang film tersebut.

1. Film Senyap - The Look of Silence

Senyap & Jagal: Film Tentang PKI yang Tak Diputar Seperti G30S/PKIKompasiana.com

Film Senyap atau dalam bahasa Inggis The Look of Silence, merupakan film yang disutradarai oleh Joshua Oppenheimer ini bercerita tentang salah satu keluarga korban yang menghadapi kenyataan ketika dirinya dan keluarganya dituduh sebagai bagian dari PKI. Film ini merupakan karya kedua Joshua Oppenheimer setelah dia membuat film berjudul Jagal. 

Film Senyap sendiri dibuat pada tahun 2010 sampai 2012 di Sumatra Utara. Pemutaran film ini pertama kali secara serentak pada tanggal 10 Desember 2014 bertepatan dengan hari HAM Sedunia. Film ini hanya untuk kalangan terbatas karena dilarang peredarannya oleh Lembaga Sensor Film (LSF) pada 29 Desember 2014.

Film ini telah banyak memperoleh penghargaan dari luar negeri. Salah satu yang terbaik dalam penghargaan tersebut, film Senyap masuk dalam perebutan Piala Oscar 2016 untuk kategori Film Dokumenter Panjang Terbaik.

Nah kalian pengen tahu kisah film Senyap seperti apa? Kalian bisa tonton film ini.

https://www.youtube.com/embed/RcvH2hvvGh4

2. Film Jagal - The Act of Killing.

Senyap & Jagal: Film Tentang PKI yang Tak Diputar Seperti G30S/PKIblog.oup.com

Film Jagal atau dalam bahasa Inggris The Act of Killingmerupakan film karya Joshua Oppenheimer ini bercerita tentang para pembunuh anti-PKI. Dalam film tesebut, para pembunuh PKI menceritakan tentang pembunuhan yang mereka lakukan dan cara yang mereka gunakan untuk membunuh. 

Film ini dibuat sebagian besar di Medan Sumatra Utara, antara tahun 2005-2011. Pemutaran perdana fim ini di Toronto International Film Festival pada bulan September 2012. Film ini sangat mendapat pujian yang baik dari dunia Internasional, terbukti dalam penilaian oleh situs Agregator ulasan Rotten Tomatoes memberikan penilaian positif 97%.

Film The Act of Killing sendiri telah banyak memperoleh penghargaan. Salah satu yang terbaik dalam penghargaan tersebut, film Jagal masuk dalam perebutan Piala Oscar 2014 untuk kategori Film Dokumenter Panjang Terbaik.

Nah kalian pengen tahu kisah film Jagal seperti apa? Kalian bisa tonton film ini

https://www.youtube.com/embed/3tILiqotj7Y

Ahmad Edi Darmawan Photo Verified Writer Ahmad Edi Darmawan

Save climate change

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya