Ukir Sejarah, Wanita Ini Jadi Pilot Termuda di Dunia

Dia menjadi pilot untuk pesawat terbesar di dunia

Anny Divya, seorang wanita yang berasal dari Vijayawada Andhra Pradesh India, telah membuat sejarah. Dia menjadi salah satu pilot termuda di dunia pada usia 30 tahun. Anny awalnya mencoba peluang saat berusia 17 tahun dengan mendaftarkan dirinya ke Indira Gandhi Rashtriya Uran Akademi. Akademi tersebut merupakan tempat pelatihan penerbangan yang dikelola oleh pemerintah Raebareli, Uttar Pradesh.

Tak lama kemudian, dia direkrut oleh Air India saat berusia 19 tahun. Anny pun mulai belajar menerbangkan pesawat tipe Boeing 737 dan kemudian beralih ke pesawat Boeing 777 yang merupakan pesawat terbesar di dunia.

Meski saat ini ia telah merengkuh kesuksesan, masa muda Anny tidak dilalui dengan mudah. Keluarga Anny tinggal di dekat markas tentara di Pathankot. Ayah Anny harus berhenti dari pendidikannya dan putus sekolah pada usia yang sangat muda karena kondisi keuangan keluarganya yang buruk. Dia bergabung sebagai tentara dan setelah bertugas selama 19 tahun namun kemudian memilih untuk pensiun secara sukarela. Kondisi tersebut juga berpengaruh terhadap kelangsungan pendidikan Anny.

Dalam sebuah wawancara dengan Business Standard, Anny mengatakan, ''Ibuku membantu pendidikan kami hanya sampai Kelas IV. Kemudian dia meninggalkan kami agar kami lebih mandiri untuk melanjutkan pendidikan. Tidak ada tekanan yang pernah kita hadapi sehingga terkadang kita melakukannya dengan baik dan terkadang tidak."

Anny mengutarakan cintanya untuk menjadi pilot kepada ibunya saat mereka tinggal di dekat pangkalan udara Pathankot. Hal ini sangat mempengaruhi Anny sehingga dia berusaha keras mengejar mimpinya untuk menjadi pilot. Kerja kerasnya terbayar saat dia mendapatkan beasiswa dan menyelesaikan latihannya pada usia 19 tahun. 

Selama masa jabatannya di Air India, Anny menyelesaikan gelar sarjana di bidang BSc (Bachelor of Science) bidang Aviation dan juga belajar keyboard klasik. Dia juga telah mendanai pendidikan saudara-saudaranya yang belajar di luar negeri dan juga membeli rumah untuk keluarganya.

Wawancara dengan Anny Divya, pilot termuda Boeing 777

https://www.youtube.com/embed/RskbusYY254

Ahmad Edi Darmawan Photo Verified Writer Ahmad Edi Darmawan

Save climate change

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya