Ironi Sampah Warnai Gemerlapnya Pergantian Tahun di Ibukota

Meriah namun tidak ramaah lingkungan...

Perayaan tahun baru terutama di kota-kota besar dunia biasanya berlangsung dengan meriah. Sebut saja Jakarta, sudah menjadi langganan menjadi panggung bagi warga untuk menghabiskan malam tahun baru yang diadakan setiap tahun. Namun ironi menyelimuti gemerlap percikan kembang api, sampah berserakan di mana-mana terutama di titik hiburan yang tersebar di sepanjang jalan protokol Ibukota. Untuk lebih mengetahuinya, berikut fakta perayaan tahun baru di Jakarta:

1. Car Free Night, acara hiburan dari Pemprov DKI

Ironi Sampah Warnai Gemerlapnya Pergantian Tahun di Ibukotamegapolitan.kompas.com

Car free night bak menjadi tradisi tahunan warga DKI dalam menyambut tahun baru. Sama seperti tahun 2016, tahun 2017 Pemprov DKI juga menyelenggarakan car free night di bilangan Sudirman-Thamrin. Terdapat 5 panggung mulai dari kawasan Hotel Indonesia hingga Monas, panggung pun bermaca-macam mulai dari kuliner, panggung hiburan sampai nikah massal.

2. Terbanyak, sampah tahun baru di Jakarta capai 790 ton.

Ironi Sampah Warnai Gemerlapnya Pergantian Tahun di Ibukotaposkotanews.com

Menurut Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Isnawa Adji, bahwa memang terjadi peningkatan volume sampah dari perayaan tahun 2016 dari 700 ton menjadi 790 ton pada tahun 2017. Ia menambahkan bahwa peningkatan volume ini disebabkan oleh lebih banyaknya spot perayaan tahun baru 2017 seperti dibukanya ruas jalan Sudirman-Thamrin sebagai car free night.

3. Petugas PPSU bersihkan sampah hingga pukul 06.00.

Ironi Sampah Warnai Gemerlapnya Pergantian Tahun di Ibukotamegapolitan.kompas.com

Sampah tahun baru sudah bersih, jangan dikotorin lagi ya.

Salah satu Petugas PPSU (Penanganan Prasarana dan Sarana Umum) Gito menyampaikan bahwa sampah tahun ini memang lebih banyak dari sebelumnya, namun menurutnya hal ini bukanlah sebuah hambatan melainkan sebuah tanggungjawab sebagai garda terdepan dari bersihnya Ibukota. Rusmini yang juga petugas PPSU menuturkan bahwa pembersihan sampah-sampah yang berserakan dimulai pada pukul 01.00 hingga target selesai pukul 06.00 (1/1/2018).

 

 

Agung Destian Putra Photo Verified Writer Agung Destian Putra

Merangkai sebuah kata menjadi tulisan yang informatif merupakan definisi menulis bagi saya.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya