Baru Sehari Dilantik, Anies Sudah Bikin 'Kegaduhan' Kecil

Gara-gara kata "Pribumi" nih!

Tidak lama setelah pelantikan Anies-Sandi sebagai pasangan gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta, Anies dalam menyampaikan pidato di hadapan pendukungnya menyinggung istilah 'pribumi', kejadian ini sangat cepat direspon oleh para warganet. Mayoritas menilai bahwa Anies tak seharusnya menyinggung istilah yang dinilai sensitif.

Ini lho yang diucapkan sang Gubernur baru DKI Jakarta.

Baru Sehari Dilantik, Anies Sudah Bikin 'Kegaduhan' Kecilnasional.kompas.com

Dulu pribumi ditindas, saatnya kita jadi tuan rumah di negeri sendiri.

Gubernur DKI Jakarta terpilih, Anies Baswedan menyampaikan pidato politiknya dihadapan para pendukungnya di Balai Kota DKI. Pada saat itu juga Anies menyampaikan kalimat yang dianggap dapat memicu kegaduhan, pasalnya akhir-akhir ini kondisi perpolitikan Indonesia masih hangat-hangatnya akan isu seperti ini.

Larangan penyebutan istilah pribumi dan non-pribumi.

Baru Sehari Dilantik, Anies Sudah Bikin 'Kegaduhan' Keciltempo.co

Lewat  Instruksi Presiden No. 26 Tahun 1998 yang dikeluarkan pada era Presiden Habibie disebutkan bahwa melarang penggunaan istilah pribumi atau non pribumi. Menurut Asep Warlan Yusuf, pakar hukum tata negara Universitas Parahyangan, penyebutan istilah pribumi oleh Anies pada dasarnya tidak melanggar hukum, namun disayangkan karena dalam aspek sosial penyebutan istilah pribumi dinilai kurang sopan.

Mendengar netizen ramai mempermasalahkan pidatonya, berikut klarifikasi Anies.

Baru Sehari Dilantik, Anies Sudah Bikin 'Kegaduhan' Kecilwww.merdeka.com

Melihat adanya 'kegaduhan' kecil tersebut, Anies mengatakan bahwa penggunaan kata 'pribumi' tersebut konteksnya pada masa kolonialiseme dulu, bukan dalam konteks hari sekarang. Anies juga meminta masyarakat untuk mendengarkan pidato sesuai konteks yang berlangsung.

Agung Destian Putra Photo Verified Writer Agung Destian Putra

Merangkai sebuah kata menjadi tulisan yang informatif merupakan definisi menulis bagi saya.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya