LIVE UPDATE: Aksi Bela Palestina 11 Mei

Massa memprotes pemindahan Kedutaan AS ke Yerusalem

Jakarta, IDN Times - Area Jalan Medan Merdeka Selatan dan seputaran Monas kembali dipadati pengunjuk rasa dari Perkumpulan Alumni 212 pada Jumat (11/5). Mereka mengambil tema "Indonesia Bebaskan Baitul Maqdis" dan memprotes keputusan Pemerintah Amerika Serikat yang tetap ngotot untuk memindahkan gedung kedutaannya dari Tel Aviv ke Yerusalem Timur. 

Rencananya gedung kedutaan itu akan resmi dibuka pada pertengahan Mei ini, walaupun belum sepenuhnya. Langkah itu menyusul pengumuman yang dilakukan Presiden Donald Trump yang mengakui Yerusalem Timur sebagai ibukota Israel. Padahal, kota tersebut sifatnya "status quo" dan diawasi oleh PBB. 

Langkah Trump itu dikecam oleh berbagai negara, termasuk Indonesia. Presiden Joko "Jokowi" Widodo sudah sempat meminta agar Negeri Paman Sam berpikir ulang soal keputusan itu. Namun, permintaan itu gak digubris. 

Dalam aksi kali ini, massa memulainya dengan salat subuh di Masjid Istiqlal. Lalu, mereka mulai bergerak menuju ke Monas. Apa aja kegiatan yang dilakukan di sana? Ikuti terus laman ini karena kami akan mengupdate setiap perkembangan terbaru: 

08:00 WIB: Trans Jakarta gak melayani penumpang di Halte Istiqlal

LIVE UPDATE: Aksi Bela Palestina 11 Mei IDN Times/Afriani Susanti

 

Humas TransJakarta, Wibowo, mengatakan rute bus yang melewati area Masjid Istiqlal dialihkan ke jalur reguler. 

"Sehingga untuk halte Istqlal saat ini tidak bisa memberikan pelayanan," kata Wibowo. 

Hal itu dilakukan demi menjaga kalau terjadi peristiwa yang gak diinginkan. 

Baca juga: Amerika Serikat Akan Buka Kedutaan Baru di Yerusalem Timur Pada Bulan Mei

07:42: Area di depan Kedutaan Amerika Serikat dijaga ketat polisi

LIVE UPDATE: Aksi Bela Palestina 11 Mei IDN Times/Helmi Shemi

 

Sebagai salah satu titik demonstrasi, area di depan Gedung Kedutaan Amerika Serikat dijaga ketat oleh polisi. Bahkan, mereka menutup Jalan Medan Merdeka Selatan hingga ke arah Gedung Balai Kota DKI. 

Polisi terlihat mengerahkan beberapa kendaraan taktis, dimulai dari barakuda, dua unit kendaraan gegana, dan empat water canon. 

06:00 WIB: Massa mulai bergerak ke Monas dari Masjid Istiqlal

LIVE UPDATE: Aksi Bela Palestina 11 Mei IDN Times/Afriani Susanti

Massa yang mayoritas mengenakan pakaian putih-putih mulai bergerak ke Monas usai menunaikan salat subuh di Masjid Istiqlal. Massa membawa bendera dan sebagian dari mereka ada yang memegang poster dengan tulisan "Stop Trump! We Stand With Baitul Maqdis". 

Sementara, di atas panggung, para ulama membakar semangat peserta massa aksi dengan nyanyian mars Bela Islam diiringi musik nasyid. Massa pun terlihat antusias dan ikut bernyanyi bersama para ulama. 

Baca juga: Mayoritas Anggota PBB Tolak Keputusan Trump Akui Yerusalem Ibukota Israel

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya