Kemajuan Budaya Suatu Bangsa Berawal dari Kebebasan Pers

Setuju gak ya?

Jakarta, IDN Times – Kebebasan pers yang dijunjung tinggi oleh sebuah negara dapat berimbas ke arah positif, khususnya dalam memajukan sebuah budaya.

Hal ini disampaikan secara langsung oleh Dirjen Kebudayaan, Kemdikbud, Hilmar Farid dalam acara World Press Freedom Day 2018 di Hotel Fairmont, Jakarta, Selasa (8/5). 

1. Pers akan mendorong kemajuan budaya

Kemajuan Budaya Suatu Bangsa Berawal dari Kebebasan PersIDN Times/Afriani Susanti

Seiring kebebasan pers, Hilmar mengatakan hal ini juga akan berpegaruh dalam memajukan sebuah budaya. Sehingga kebebasan pers ini bukan hanya dirayakan untuk pers itu sendiri, melainkan dalam mendorong kemajuan budaya.

Baca juga: Opini: Ben Bradlee, Tiga Film dan Kemerdekaan Pers

2. Kebebasan mengembangkan kreativitas

Kemajuan Budaya Suatu Bangsa Berawal dari Kebebasan PersIDN Times/Afriani Susanti

Adanya kebebasan pers juga berpengaruh pada pengembangan kreativitas. Tidak mungkin sebuah kreativitas tersebut muncul jika kebebasan dibatasi. “Kita tidak bisa mengembangkan energi kreativitasnya tanpa adanya kebebasan,” ucapnya. 

3. Mengembangkan kreativitas ke daerah

Kemajuan Budaya Suatu Bangsa Berawal dari Kebebasan PersIDN Times/Afriani Susanti

Farid mengatakan akan membawa berbagai kegiatan mengenai kreativitas ini di daerah-daerah. Agar kebebasan dalam bidang kreativitas tersebut tidak hanya dirasakan oleh masyarakat yang berada di kota-kota besar namun juga di daerah.

“Tahun depan kita mempunya inisiatif untuk menindaklanjuti konferensi 2005 yakni dengan membawa kegiatan yang berhubungan kreativitas ini ke daerah-daerah,” ucapnya.

Baca juga: 4 Alasan Kenapa AJI dan IJTI Minta Hari Pers Nasional Direvisi

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya