6 Fakta Terbaru Terkait Bom Kampung Melayu

Polisi telah mengidentifikasi satu dari dua pelaku.

Belum lama berselang setelah bom meledak di Manchester, Inggris, Rabu malam (24/5), ibu kota Jakarta juga mengalami hal serupa. Sekitar pukul 21.00 WIB, para saksi mata mendengar dua ledakan di kawasan dekat halte Transjakarta di Kampung Melayu.

6 Fakta Terbaru Terkait Bom Kampung MelayuGalih Pradipta/ANTARA FOTO

Berikut ini enam fakta terbaru terkait bom Kampung Melayu:

Diduga ada dua pelaku. Salah satunya telah diidentifikasi polisi.

6 Fakta Terbaru Terkait Bom Kampung MelayuWahyu Putro A/ANTARA FOTO

Kepolisian merilis foto-foto dari dua pria yang diduga menjadi pelaku peledakan bom bunuh diri Kampung Melayu. Hingga saat ini, kepolisian baru mengidentifikasi salah satunya. Ia bernama Ichwan Nurul Salam. Ichwan dilaporkan lahir di Bandung pada 28 Mei 1985.

Baca juga: Ledakan Bom di Kampung Melayu, Dua Korban Tewas

Bom menewaskan tiga orang anggota kepolisian.

6 Fakta Terbaru Terkait Bom Kampung MelayuWahyu Putro A/ANTARA FOTO

Informasi terakhir yang diberikan oleh juru bicara kepolisian Setyo Wasisto menyebutkan bahwa bom Kampung Melayu menewaskan tiga polisi yang tengah bertugas mengamankan pawai menyambut bulan Ramadan.

Ketiganya adalah Bripda Ridho Setiawan, Briptu Anumerta Imam Gilang Adinata, dan Brigadir Taufan Tsunami. Selain itu, ada lima anggota kepolisian dan lima warga sipil lainnya mengalami luka. Mereka dirawat di Rumah Sakit Premier Jatinegara dan Rumah Sakit Hermina.

Belum diketahui apa motif sebenarnya dari para pelaku.

6 Fakta Terbaru Terkait Bom Kampung MelayuRisky Andrianto/ANTARA FOTO

Lokasi pengeboman dipadati oleh warga lokal yang tengah pulang bekerja atau sedang bersantai di warung kopi dekat halte. Kepolisian masih mendalami motif pelaku yang meledakkan bom dengan daya ledak rendah itu.

Kepolisian menyebut bom yang digunakan adalah bom panci. Hanya saja, polisi belum mengetahui apakah ada dua bom panci yang diledakkan. Pakar terorisme dari Universitas Indonesia, Ridlwan Habib, menduga target pelaku adalah anggota kepolisian.

Presiden Jokowi mengutuk serangan itu dan meminta Polri segera mengusut motif dan pelaku.

6 Fakta Terbaru Terkait Bom Kampung MelayuMaulana Surya/ANTARA FOTO

Dari kediamannya di Surakarta, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan responnya terkait serangan bom bunuh diri di Kampung Melayu. Ia mengaku mengutuk keras peristiwa tersebut. Ia juga menyampaikan bela sungkawa kepada para korban dan keluarga.

Menurutnya, serangan itu sudah keterlaluan karena tak hanya merenggut nyawa polisi, tapi juga warga biasa seperti tukang ojek dan sopir angkot. Jokowi meminta masyarakat tetap tenang. Ia juga menginstruksikan Kapolri untuk mengusut tuntas pelaku bom dan jaringannya hingga ke akar.

Presiden dijadwalkan mengunjungi korban selamat pada Kamis sore.

6 Fakta Terbaru Terkait Bom Kampung MelayuMaulana Surya/ANTARA FOTO

Kepala Kantor Staf Presiden, Teten Masduki, mengatakan bahwa Jokowi akan menjenguk korban selamat pada Kamis sore (25/5). Sebelum ia bertolak ke Jakarta, Jokowi sempat mengutus Teten untuk terlebih dahulu menengok para korban.

Aktivitas di Kampung Melayu perlahan kembali normal.

6 Fakta Terbaru Terkait Bom Kampung MelayuGalih Pradipta/ANTARA FOTO

Kondisi psikologis warga sekitar paska ledakan bom sepertinya masih terbilang kuat. Terbukti setelah kejadian tersebut dan polisi sudah mensterilkan area halte, warga kembali melakukan aktivitasnya seperti biasa.

Ketua I DPP Organisasi Angkutan Darat, Kurnia Lesani Adnan, menyebut para pengemudi yang beroperasi di Kampung Melayu tidak merasakan ketakutan. Hanya saja, keadaan di lokasi tersebut masih terlihat lebih sepi daripada biasanya.

Baca juga: Teori Konspirasi Beredar Usai Ledakan Bom di St. Petersburg

Topik:

Berita Terkini Lainnya